Sejarah Desa Cupang Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon


Desa Cupang terletak di Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. Luas nya 192.346 Ha terdiri dari tanah pegunungan dan tanah datar sekitar kaki Gunung Ciremai. Pada tahun 1998 penduduknya berjumlah 2.703 orang terdiri dari laki laki 1.312 orang dan perempuan 1.391 orang mata pencahariannya sebagian besar penduduknya bertani ada pula yang berkebun dan mencari batu-batu gunung untuk di jual.

Asal nama Cupang (Desa Cupang) sebagian orang mengatakan berasal dari suku kata CU dan PANG dimana CU berasal dari kata Cukup dan PANG berasal dari kata Pangan berarti CUPANG berasal dari kata Cukup Pangan. Tetapi sebagian lagi mengatakan bahwa nama Cupang berasal di ambil dari nama ikan yaitu ikan cupang (tempele).

Cerita Rakyat

Pada zaman dahulu di tempat yang sekarang di sebut Cantilan Desa Cupang hidup sepasang suami istri bernama kakek dan nenek Dawud yang lebih di kenal dengan sebutan Buyut Dawud. Buyut Dawud konon berasal dari Mesir.

Buyut Dawud sehari harinya dari menangkap ikan dengan cara nyeser atau memasang bubu di sungai. Dari hasil tangkapannya itu Buyut Dawud hidup berkecukupan.

Pada suatu hari kakek Dawud pergi ke sungai untuk mengangkat bubu (alat untuk menangkap ikan) bukan main tercengang nya karena tidak seperti biasa nya ketika bubu nya di angkat ternyata di dalam nya hanya terdapat se ekor ikan kecil berwarna merah yaitu ikan tempele atau disebut juga ikan cupang. Kakek Dawud pulang kemudian ikan kecil itu diserahkan kepada Nenek Dawud. Oleh Nenek Dawud ikan itu di masukan ke dalam kuali anehnya dalam kuali itu ikan membesar sehingga memenuhi kuali dan dalam keadaan sudah mati.

Melihat kejadian itu Kakek Dawud melarang ikan itu dimasak. Oleh Ki Buyut Dawud ikan itu selanjut nya dibungkus kain putih dan dikubur di dekat pohon asem sebelah barat Balai Desa Cupang yang lama. Kuburan itu sekarang di kenal dengan sebutan Ki Buyut Cupang.

Setelah Kakek dan Nenek Dawud meninggal mereka dikubur di dekat kuburan ikan itu. Mulai saat itu kampung tersebut di namakan Kampung Cupang.